Senin, 23 Juli 2012

KOMUNIKASI & MOTIVASI

PENGERTIAN
- proses pengiriman ide atau pikiran, dari satu orang kepada orang lain dengan tujuan untuk menciptakan pengertian dalam diri orang yang menerimanya (C.A.Brown)
- proses penyaluran informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain (K.Davis)

KOMPONEN KOMUNIKASI
- PENGIRIM/PENERIMA
- PESAN
- PENGKODEAN/PENAFSIRAN KODE
- SALURAN
- UMPAN BALIK/UMPAN DEPAN
- GANGGUAN
- KONTEKS

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
- Pendengar (penerima pesan) menginterpretasikan dan menangkap berita (ide) yang disampaikan tepat seperti apa yang dimaksud oleh pembicara (pengirim pesan)
- Sumber Kesalahan dalam Komunikasi: Orang/Individu, Timing/Waktu, Proses Encoding/Decoding

PENTINGNYA KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
- Komunikasi adalah proses dimana fungsi-fungsi Management (Planning, Organizing, Actuiting, Leading, Controlling) dilaksanakan
- Komunikasi adalah sarana /media untuk mengaktualisasikan segala pengetahuan dan keterampilan seorang manager
- Komunikasi adalah kegiatan dimana manajer mencurahkan sebagian besar dari waktunya

JENIS KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
- KOMUNIKASI FORMAL: Komunikasi yang berjalan secara formal melalui kerangka Struktur Organisasi
- KOMUNIKASI INFORMAL: Komunikasi yang berjalan melalui “jalur tersembunyi” dalam organisasi

KOMUNIKASI FORMAL
- Komunikasi Superior-Subordinate (Atasan-Bawahan)
- Komunikasi Subordinate- Superior (Bawahan-Atasan)
- Komunikasi antara orang-orang yang setingkat: Interaktif

MEDIA KOMUNIKASI MANAGER- SUBORDINATE
- komunikasi lisan, tertulis, non verbal

MASALAH KOMUNIKASI FORMAL
- Terlalu banyaknya jumlah informasi dalam aliran informasi: Overload, Distortion & Omission
- Lingkungan Kerja yang menimbulkan kesulitan dalam komunikasi
- “Mata Rantai” terlalu panjang

KOMUNIKASI INFORMAL
- Ciri :Penyebarannya cepat sekali
- sebab: Terjadi secara berantai, Tidak dibatasi oleh Struktur Organisasi
- Bentuk Jaringan: Single Strand, Gossip (semua), Probability (acak), Cluster (pilih-pilih)

MENINGKATKAN COMMUNICATION SKILLS
- Keterampilan Menyimak
- Keterampilan Melakukan Wawancara
- Keterampilan Memimpin Rapat
- Keterampilan Melakukan Presentasi

TEKNIK MEMOTIVASI KARYAWAN
= Salah satu kunci penting memotivasi karyawan adalah menghindari tindakan-tindakan yang membunuh motivasi karyawan
= Ini berarti, memotivasi karyawan tidak cukup hanya dengan mendorong karyawan berperilaku motivatif, tetapi juga menjaga diri anda, sebagai seorang manajer, untuk tidak melakukan sesuatu yang dapat mematahkan semangat karyawan
= Sikap negatif anda dapat menghalangi sesuatu positif dari orang lain

TEKNIK MOTIVASI
- JANGAN MENGKRITIK DIHADAPAN ORANG LAIN
- JANGAN MENGHINA DAN MERENDAHKAN KARYAWAN
- JANGAN MENGANGGAP KARYAWAN SEBAGAI ALAT
- JANGAN BERLAKU TIDAK ADIL
- JANGAN HANYA MEMIKIRKAN DIRI SENDIRI
- JANGAN RAGU-RAGU MENGAMBIL KEPUTUSAN
- JANGAN MELEMPARKAN TANGGUNG JAWAB
- JANGAN KAKU,NAMUN JANGAN TURUNKAN STANDAR KUALITAS ANDA
- JANGAN MENUNJUKAN KETIDAKPERCAYAAN
- JANGAN ACUH TAK ACUH PADA KARYAWAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar