Jumat, 04 Mei 2012

DASAR MANAJEMEN

PENGERTIAN
- merupakan suatu kegiatan atau seni dalam mengurus (memimpin, mencapai dan memerintah), membimbing, mengarahkan dan mengendalikan

DEFINISI (menurut)

Dr. SO. SIAGIAN
- adalah kemampuan atau keterampilan utk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain
- manajemen merupakan inti daripada administrasi karena manajemen merupakan alat pelaksana utama daripada administrasi

DRS. HE. ROSYIDI
- proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi didalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan

MARRY PARKER FOLLET

- manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui org lain

JAMES A.F. STONER

- manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yg ditetapkan

KESIMPULAN

- proses kegiatan dengan melalui org lain utk mencapai suatu tujuan tertentu serta dilaksanakan secara berurutan berjalan ke arah suatu tujuan

FUNGSI MANAJEMEN (ahli)

- elemen dasar yg akan slalu ada dan melekat di dlm proses manajemen yg akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan utk mencapai tujuan

GEORGE R. TERRY

- planning, organizing, actuating, controlling

LUTHER M. GULICK

- planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, budgeting

FUNGSI MANAGEMENT

1. PERENCANAAN
- memikirkan apa yg akan dikerjakan dgn sumber yg dimiliki
- menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu
- proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan , fungsi lainnya tak dapat bejalan

2. PENGORGANISASIAN
- membagi sesuatu kegiatan besar menjadi kegiatan yg lebih kecil
- mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan org yg dibutuhkan utk melaksanaan tugas yg telah dibagi tersebut
- dilakukan dgn cara: menentukan tugas, siapa yg mengerjakan, bagaimana tugas tersebut, siapa yg bertanggung jawab, pada tingkatan mana keputusan diambil

3. STAFFING
- recruitment latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dlm lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif

4. LEADING
- atau fungsi pengarahan adalah bagaimana membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan dan harus mereka lakukan

5. CONTROLLING

- adalah penemuan dan penerapan cara dan alat utk menjamin bahwa rencana telah dilaksanaan sesuai dgn yg telah ditetapkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar