PENGERTIAN
- merupakan suatu kegiatan atau seni dalam mengurus (memimpin, mencapai dan memerintah), membimbing, mengarahkan dan mengendalikan
DEFINISI (menurut)
Dr. SO. SIAGIAN
- adalah kemampuan atau keterampilan utk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain
- manajemen merupakan inti daripada administrasi karena manajemen merupakan alat pelaksana utama daripada administrasi
DRS. HE. ROSYIDI
- proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi didalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan
MARRY PARKER FOLLET
- manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui org lain
JAMES A.F. STONER
- manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yg ditetapkan
KESIMPULAN
- proses kegiatan dengan melalui org lain utk mencapai suatu tujuan tertentu serta dilaksanakan secara berurutan berjalan ke arah suatu tujuan
FUNGSI MANAJEMEN (ahli)
- elemen dasar yg akan slalu ada dan melekat di dlm proses manajemen yg akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan utk mencapai tujuan
GEORGE R. TERRY
- planning, organizing, actuating, controlling
LUTHER M. GULICK
- planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, budgeting
FUNGSI MANAGEMENT
1. PERENCANAAN
- memikirkan apa yg akan dikerjakan dgn sumber yg dimiliki
- menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu
- proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan , fungsi lainnya tak dapat bejalan
2. PENGORGANISASIAN
- membagi sesuatu kegiatan besar menjadi kegiatan yg lebih kecil
- mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan org yg dibutuhkan utk melaksanaan tugas yg telah dibagi tersebut
- dilakukan dgn cara: menentukan tugas, siapa yg mengerjakan, bagaimana tugas tersebut, siapa yg bertanggung jawab, pada tingkatan mana keputusan diambil
3. STAFFING
- recruitment latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dlm lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif
4. LEADING
- atau fungsi pengarahan adalah bagaimana membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan dan harus mereka lakukan
5. CONTROLLING
- adalah penemuan dan penerapan cara dan alat utk menjamin bahwa rencana telah dilaksanaan sesuai dgn yg telah ditetapkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar