PRASARAN ILMIAH
1. SYARAT:
- SEMINAR TINGKAT KOTA KABUPATEN
- PESERTA SEDERAJAT
- PENGESYAHAN KETUA SEMINAR
- DAFTAR HADIR DILAMP
2. ADA PENGESYAHAN KEPALA SEKOLAH
KOMPONEN PRASARAN ILMIAH
- ADA PERMASALAHAN YG FAKTUAL
- ADA KONSEP/TEORI YG MENDASARI
- DIDUKUNG DATA YANG RELEVAN
- PEMBAHASAN UNTUK MEMECAHKAN MASALAH DIDUKUNG TEORI DAN DATA LAPANGAN YG RELEVAN
- PENUTUP ATAU SIMPULAN
- PUSTAKA YANG DIRUJUK
SISTEMATIKA DAN ISI PRASARAN
- DI BIDANG PENDIDIKAN
- TOPIK MENYESUAIKAN PANTIA PENYELENGGARA SEMINAR
- ADA HAL YANG DIMASALAHKAN
- ADA TEORI, TEMUAN DATA YG RELEVAN
- ADA PEMBAHASAN/KAJIAN
- ADA KESIMPULAN
TULISAN ILMIAH POPULER
- PERMASALAHAN DI BIDANG PENDDK
- URAIAN TEORI DARI HAL YG DIPERMASALAHKAN
- URAIAN FAKTA DARI HAL YG DIPERMASALAHKAN
- UPAYA PEMECAHAN MASALAH
- GAGASAN PENULIS TAMPAK JELAS
- KESIMPULAN
BUKU PELAJARAN
- BUKU YG BERISI BAHAN ATAU MATERI PELAJARAN
SYARAT/KRITERIA
- DITERBITKAN [ISBN]
- ADA PENGESAHAN DARI DIKNAS
- PUSAT (DEPDIKNAS) atau
- DINAS PENDIDIKAN PROPINSI
- PENGESAHAN KEPALA SEKOLAH
- ISI SESUAI KURIKULUM
KAIDAH PENULISAN BUKU PELAJARAN
- BUKU YG BERISI BAHAN/MATERI PELAJARAN YG DIGUNAKAN SBG PEGANGAN, BAIK PEGANGAN POKOK MAUPUN PELENGKAP DALAM BELAJAR-MENGAJAR
- KAIDAH ISI:
1. CAKUPAN ISI SESUAI KURIKULUM
2. URUTAN SAJIAN SESUAI KRKLUM
3. TINGKAT KESULITAN SESUAI THP PEMBELAJARAN
KAIDAH/TEKNIK PENULISAN
- MENGGUNAKAN BHS INDONESIA BAKU
- MENGGUNAKAN KALIMAT EFEKTIF
- MENGGUNAKAN HURUF YG STANDAR
- DILENGKAPI CONTOH
- DILENGKAPI DEGAN GAMBAR YANG MEMPERJELAS MATERI
ANATOMI BUKU PELAJARAN
- BAGIAN PENDAHULUAN: PRAKATA/KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI
- PENJELASAN TUJUAN BUKU PELAJARAN
- PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU
- PETUNJUK PENGERJAAN SOAL
SISTEMATIKA BUKU PELAJARAN
A. BAGIAN PENDAHULUAN
- Halaman pengesahan
- Kata Pengantar Daftar Isi
- Tujuan Pembelajaran
B. BAGIAN ISI
- Judul/sub judul
- Uraian singkat Isi Pokok Materi
- Uraian Isi Pelajaran
- Ringkasan Isi
- Latihan/Tugas/Soal
C. BAGIAN PENUNJANG
- Daftar Pustaka
MODUL
- LEMBARAN TERTULIS YANG BERISIKAN BAHAN ATAU MATERI PELAJARAN YANG DISUSUN SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA DAPAT DIPAKAI BELAJAR SECARA MENDIRI OLEH SISWA ATAU PEMBACA MODUL
SYARAT MODUL
- Pengesahan Dinas Pend. Propinsi
- Pengesahan Kepala Sekolah
- Sesuai dgn Isi Kurikulum
KERANGKA/SISTEMATIKA:
A. Bagian Pendahuluan
- Tujuan Pembelajaran Umum
- Tujuan Pembelajaran Khusus
- Rincian Kegiatan Belajar
- Petunjuk Belajar
KAIDAH PENULISAN MODUL
- LEMBARAN TERTULIS YG BERISI MATERI/BAHAN AJAR DISUSUN SECARA SISTEMATIS SHG DAPAT DIPAKAI BELAJAR MANDIRI
- DISUSUN SECARA SPESIFIK DGN PETUNJUK YG RINCI DAN BAHASA YG KOMUNIKATIF
PERANGKAT MODUL
- BUKU/LEMBAR PETUNJUK SISWA
- BUKU/LEMBAR ISI MATERI BAHASAN
- BUKU/LEMBAR KERJA SISWA
- BUKU/LEMBAR EVALUASI
- BUKU/LEMBAR PEGANGAN TUTOR
KOMPONEN MODUL
- JUDUL
- PRAKATA
- PETUMJUK PENGGUNAAN MODUL
- TUJUAN UMUM PEMBELAJARAN
- KEMAMPUAN PRASYARAT
- PRETEST
- TUJUAN KHUSUS PEMBELAJARAN
- ISI BAHASAN
- KGIATAN BELAJAR
- RANGKUMAN
- TES
- SUMBER MEDIA YG DPT DIGUNAKAN
- TEST AKHIR DAN UMPAN BALIK
- RANCANGAN PEMBELAJARAN REMEDIAL
- DAFTAR PUSTAKA
DIKTAT
- BAHAN AJAR SUATU MATA PELAJARAN ATAU BIDANG STUDI YANG DIPERSIAPKAN GURU SECARA TERTULIS UNTUK MEMPERMUDAH ATAU MEMPERKAYA MATERI BIDANG STUDI ATAU PELAJARAN YANG DISAMPAIKAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
KAIDAH PENULISAN DIKLAT
- BAHAN AJAR YG DIPERSIAPKAN GURU SCR TERTULIS UNTUK MEMPERMUDAH/MEMPERKAYA MATERI AJAR/BIDANG STUDI YG DISAMPAIKAN GURU DLM PEMBELAJARAN
- DISUSUN UNTK KALANGAN SENDIRI
- DIEDARKAN SECARA TERBATAS
- CAKUPAN/ISI TERBATAS
DIKTAT PELAJARAN
- SYARAT: Sesuai dengan kurikulum, Belum ada di buku pelajaran, paket, Sifat menambah
- SISTEMATIKA : Bagian awal, Bagian Isi, Bagian Penunjang
PROSES PENULISAN BUKU PELAJARAN, MODUL & DIKTAT
- TAHAP PERSIAPAN: MENENTUKAN MATERI YG DITULIS, MENENTUKAN SASARAN TULISAN, MENENTUKAN PANJANG TULISAN, MENYIAPKAN KOMPONEN YG DIPERLUKAN
- TAHAP PENULISAN AWAL: MEMBUAT KERANGKA, MEMBUAT DRAF TULISAN
- MENYEMPURNAKAN DRAF DGN UPAYA MEMPERHATIKAN BERBAGAI MATERI POKOK ISI BUKU
- MELAKUKAN KAJI MATERI DAN KETERBACAAN KEPADA PAKAR
- REVISI DAN PERBAIKAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar