Senin, 12 November 2012

MATERI KREATIFITAS DAN INOVASI

KREATIFITAS
- kemampuan untuk mengembangkan ide ide baru dan cara-cara baru untuk memecahkan masalah dan Menemukan peluang

KIAT MENJADI KREATIF
- Kreativitas harus dipandang sebagai suatu kebutuhan bagi suatu perusahaan
- Mempunyai sikap toleransi terhadap keberhasilan atau kegagalan
- Menyikapi masalah sebagai tantangan
- Memberikan penghargaan bagi kreativitas yang berhasil

METODE PENGEMBANGAN KRATIFITAS

- Metode Osborn berupa pertanyaan yang diajukan terhadap suatu hasil apakah merupakan berupa produk, prosedur, atau suatu fenomena
- Pertanyaan-pertanyaan tersebut mendorong untuk menghasilkan gagasan-gagasan baru
- Sifat-sifat pertanyaan ada yang bersifat memperdalam sehingga menghasilkan gagasan yang tidak logis/unconventional 


= Metode “Why-why Diagram” dapat digunakan baik dalam kelompok maupun oleh perorangan
= Sebutan lain untuk metode ini “Logical-Framework Approach”
= Menurut metode ini, pertama-tama harus menentukan masalah atau fenomena yang menjadi isu yang penting yang dihadapi

 
+ Metode Mind Mapping Metode ini ada persamaannya dengan metode why-why diagram
+ Masalah pokok ditempatkan dalam sebuah lingkaran, kemudian menarik garis ke setiap arah dalam mencari penyebab atau dampaknya Dengan mempergunakan metode “Mind Mapping”, akan didapatkan wawasan yang lebih luas tentang suatu permasalahan
+ “Mind Mapping” juga dapat digunakan untuk keperluan lain misalnya meramalkan, merencanakan, mempersiapkan tulisan/pidato atau menyingkat buku, dan lain-lain


PROSES KREATIFITAS

- persiapan
- mengadakan investigasi atau survei
- verifikasi proses kreativitas memerlukan verifikasi
- implementasi proses

 INOVASI
- kemampuan untuk menerapkan Kreativitas dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang

PRINSIP menurut Drucker (1985)

1. sesuatu yg harus dilakukan
- Menganalisi peluang
- Apa yang harus dilakukan untuk memuaskan peluang
- Sederhana dan terarah
- Dimulai dari yang kecil
- Kepemimpinan

2. sesuatu yg tidak harus dilakukan
- mencoba untuk menjadi yang pandai
- mencoba ingin mengerjakan sesuatu yang banyak
- mencoba inovasi untuk masa yang akan dating

3. kondisi
- Memerlukan ilmu pengetahuan
- Membangun keunggulannya sendiri
- Inovasi adalah efek dari ekonomi dan masyarakat

PELUANG INOVASI

- Penelitian dan Pengembangan
- Keberhasilan/kegagalan
- Penolakan pelanggan
- Kebutuhan, keinginan, dan daya beli masyarakat
- Persaingan
- Perubahan demografi
- Perubahan selera
- IPTEK baru

SUMBER INOVASI Drucker (1995)

a. Tidak diperkirakan (the unexpected) Sukses yang tidak diperkirakan Kegagalan yang tidak diperkirakan
b. Ketidaksesuaian (incongruities)
c. Proses kebutuhan (process need)
d. Struktur pasar dan industri (industry and market struktures)
e. Demografi (demographics)
f. Pengetahuan baru (new knowledge)

PROSES ADOPSI INOVASI

- Awareness
- Interest
- Evaluation
- Adoption

INOVASI PRODUK

- Produk baru yang menciptakan pasar baru secara keseluruhan (new the world products)
- Produk baru yang memungkinkan perusahaan untuk masuk dan membangun pasar untuk pertamakalinya (new product lines)
- Produk baru yang melengkapi kini produk yang telah ada (addition to existing product lines)
- Produk baru yang menyajikan perbaikan kinerja atau nilai yang dirasakan oleh pelanggan lebih besar yang menggantikan produk yang ada (improvements in revision to existing products)
- Produk yang sudah ada namun ditargetkan ke pasar atau segmen yang baru (repositionings)
- Produksi baru yang menyajikan produk yang sama tetapi dengan harga yang lebih rendah (cost reductions) (Booz, Allen dan Hamilton, 1982)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar